Pages

Saturday, December 17, 2016

Cara Mengetahui VGA Card Bermasalah

Hallo Semua
Postingan saya ini akan membahas tentang komponen dalam komputer yaitu VGA Card. VGA card adalah kartu grafis video yang berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA Card mendukung sekali dalam hal multimedia seperti bermain game, rendering video, gambar dan sebagainya. Harga VGA Card tersebut bervariasi antara Ratusan Ribu Rupiah hingga Jutaan Rupiah tergantung dari spesifikasi VGA Card yang ditawarkan, semakin mahal semakin bagus spesifikasinya. Banyak orang yang ingin membeli Vga Card dengan spesifikasi yang bagus tetapi dengan harga yang terjangkau.
Sebelum membeli VGA Baru atau yang Bekas ada baik nya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu akan tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, terutama pada VGA Bekas atau Second. Masih enak jika ada garansi jika membeli VGA yang baru, rusak bisa di claim diganti yang baru. Jika membeli VGA Bekas pasti nya rugi sekali.

Berikut cara mengetahui vga bermasalah:

  1. Cek Kondisi VGA apakah mulus atau ada cacat pada fisik seperti kipas, elco, slot vga hdmi dvi.
  2. Cek berapa konsumsi daya yang di butuhkan untuk VGA tersebut (PSU berapa watt) apakah sudah memenuhi standar dari Vga Card tersebut, Kenapa harus di cek ?? karena saat di test Vga card dapat bekerja dengan maksimal. Jika memaksakan mengunakan daya yang lebih kecil dari yang seharusnya Vga Card akan bermasalah atau cacat dari dalam komponen Vga Card itu sendiri.
  3. Pasang Vga Card pada komputer kemudian di hidupkan dan instal Driver Vga Cardnya. Jika saat instal Drivernya tidak bisa dan di coba berulang kali berarti Memory pada Vga Tersebut ada masalah.
  4. Sesudah melakukan Instal Driver Vga Card lihatlah monitor apakah ada garis-garis, titik-titik, atau warna yang tidak jelas. Jika iya berarti Vga Cardnya Artefak, apa itu Artefak ?  kerusakan Vga card pada tampilan di monitor seperti garis-garis dan sebagainya. Hal yang menyebabkan antaralain, Driver Vga Card Tersebut tidak cocok atau ada bug, Kekurangan daya, atau keseringan Overclocking.
  5. Pada Instal driver baik baik saja, lanjutkan menggunakan Sofware test agar dapat mengecek komponen Vga Card seperti GPU (Graphic Processing Unit), VRam (Video Random Accses Memory), dan arus listrik nya. Contoh Software yang saya gunakan adalah Performance test dan Furmark.

Performance Test

Furmark


Jika saat test menggunakan software terjadi crash, komputer restat, blank (Monitor hitam) dan blue screen dipastikan Vga Card nya bermasalah. Saat terjadi seperti itu lihatlah kembali, apakah daya listrik nya sudah cukup apa belum atau tegangan listrik nya maen-maen bisa saja terjadi seperti itu.
Bila saat menggunakan software test selesai, maka Vga Cardnya Lolos uji dan baik baik saja.

Semua itu adalah pengalaman pribadi saat membeli Vga Card Baru dan Bekas

Semoga dapat bermanfaat dalam hal membeli Vga Card

Terima Kasih :D 


No comments:

Post a Comment