Pages

Saturday, December 17, 2016

Solusi Tepat Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lambat / Lemot

Solusi Tepat Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lambat / Lemot
Sering kali saat pengguna komputer atau laptop sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi lambat nya Booting Windows dan Multitasking pada komputer atau laptop dari menghapus aplikasi, instal ulang windows atau menambah Memory Ram dan sebagai nya.
Pasti nya sangat menyusahkan sekali disaat menggunakan pada waktu yang sangat penting seperti membuka aplikasi kemudian aplikasi tersebut loading. Pada saat itu lihatlah Harddisk pada komputer atau laptop apakah terjadi masalah atau tidak. Jika terjadi masalah segera ganti harddisk nya dan backup, Jika tidak dan masih terasa lambat atau lemot, coba lah menggantinya dengan SSD.

Apa itu SSD ? 
SSD ( Solid State Drive ) merupakan media penyimpanan sama seperti HDD ( Hard Disk Drive ) yang membuat nya berbeda adalah SSD menggunakan Integrated Circuit ( IC ) sebagai memory penyimpanan data, Sedangkan HDD menggunakan komponen elektromekanis Magnetic Disk semacam piringan yang berputar. 
SSD ( Solid State Drive )

HDD ( Hard Disk Drive )



Kenapa orang orang masih memilih HDD daripada SSD ??
Karena kapasitas penyimpanannya SSD masih terbilang kecil daripada HDD dan harganya SSD lebih mahal daripada HDD. Contoh nya Harga SSD Rp. 750.000 mendapatkan kapasitas penyimpanan 120Gb sedangkan HDD dengan harga yang sama mendapatkan kapasitas 1TB. Tentu nya semua akan memilih menggunakan HDD karena kapasitas penyimpanan nya daripada performa yang di dapat.

Solusi yang pas untuk Komputer yang lambat atau lemot ?
Jika semua berpikiran untuk menambah Memory Ram dan menginstal ulang windows itu adalah solusi alternatif saja. karena Memory Ram hanya sebagai tempat proses dan penyimpanan sementara data yang di ambil di HDD, jika HDD lambat maka proses pengolahan data pun menjadi lambat. Sebaiknya untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah SSD untuk tempat Windows atau OS  dan aplikasi-aplikasi lainnya ( Local Disk C ), sedangkan HDD untuk tempat penyimpanan data seperti file-file yang besar ( Game, Film, dan Sebagainya ).

Solusi yang pas untuk Laptop yang lambat atau lemot ?
Sama seperti hal nya dengan komputer yaitu dengan mengganti dengan SSD. Bedanya hanya tempat untuk menaruh SSD dan HDD nya. Kalau di Komputer, menambah SSD atau HDD tidak masalah karna ruang penempatannya ada ( Casing ). Jika di Laptop tanamkan saja SSD sebagai tempat Windows OS nya ( Local Disk C ) dan HDD laptop bisa di jadikan sebagai HDD eksternal, jadinya tidak perlu untuk membeli HDD eksternal karna cukup membeli casing HDD eksternal saja.

Kesimpulan berdasarkan pengalaman
SSD sangat berperan penting dalam performa komputer atau laptop seberapa pun kencang prosessor yang digunakan dan ram yang besar, jika tidak di imbangi dengan SSD sebagai tempat Windows OS ( Local Disk C ) maka komputer atau laptop tetap terasa lambat. Jika sudah menggunakan SSD pasti nya saat booting windows dan multitasking akan sangat cepat dari pada menggunakan HDD saja.

Sekian untuk mengatasi komputer atau laptop yang lambat.
Semoga dapat membantu

Terima Kasih :D






No comments:

Post a Comment